Loading

10 Peristiwa Keagamaan Penting Dunia pada Tahun 2010


http://apresiasi-rofiuddin.blogspot.com/ : Tahun 2010 akan segera berakhir, namun ada beberapa peristiwa penting terkait persoalan keagamaan yang membuat heboh dunia pada tahun ini. Pada tataran agama Islam, peristiwa keagamaan penting pada tahun 2010 adalah terpilihnya Dr. Ahmad At-thayyib sebagai Grand Syaikh Al-Azhar menggantikan almarhum Syaikh Thantowi.

Pada peristiwa keagamaan penting lainnya bagi umat Islam pada tahun 2010 ini adalah peristiwa penghinaan terhadap Ummul Mukminin Aisyah, ra yang dilakukan oleh seorang dai Syiah asal Kuwait yang saat ini bermukim di London.

Dan dibawah ini 10 peristiwa penting yang menyangkut keagamaan yang terjadi secara global pada tahun 2010:

1. Seruan untuk membakar Al-Quran pada peringatan serangan 9/11 oleh Pastor sinting Florida AS, Terry Jones.
Seruan Jones telah memicu kecaman dari seluruh dunia, meski akhirnya membatalkan aksinya namun di beberapa bagian dunia mengikuti seruannya dengan membakar Al-Quran.

2. Pembangunan Masjid Ground Zero
Pembangunan masjid dan pusat masyarakat Islam yang diusulkan dibangun di Park51 beberapa blok dari lokasi Ground Zero, area tempat serangan 9/11 terjadi. Setidaknya 60% warga Amerika menentang pembangunan masjid tersebut, meskipun presiden Obama sendiri mendukung hak umat Islam AS untuk membangun masjid dan pusat komunitas Islam itu.

3. Kebangkitan Islamofobia di Eropa
Selama dua belas bulan terakhir gelombang permusuhan terhadap Islam (Islamofobia) semakin meningkat di Eropa Barat, meskipun telah ada upaya yang dilakukan oleh umat Islam moderat untuk melawan hal itu dan mencoba melakukan dialog secara kontinu memberi penjelasan tentang Islam.

Di antara gerakan Islamofia terkenal yang terjadi pada tahun 2010 adalah pembatasan dan pelarangan penggunaan cadar, terutama di Eropa Barat, terakhir di Spanyol, yang memberlakukan larangan jilbab di gedung-gedung pemerintah pada bulan lalu. Perancis adalah salah satu negara pertama di Eropa Barat, yang parlemennya menyetujui larangan mengenakan cadar di tempat umum, tindakan Perancis ini akan disusul oleh negara Belanda, Denmark, Inggris, dan Belgia.

4. Terpilihnya Syaikhul Azhar yang baru
Setelah wafatnya Grand Syaikh Al-Azhar, Muhammad Tanthawi, Dr. Ahmad At-Thayib pada bulan Maret lalu ditunjuk untuk menggantikan posisi menjadi Syaikhul Azhar.
Para pengamat percaya bahwa Al-Azhar Al-Sharif akan menuju era yang lebih baik, dan menjadi sebuah lembaga Islam yang terlibat dengan peristiwa dunia dan masyarakat lokal, dan memiliki peran efektif lebih dalam proses dan peningkatan metodologi dan ideologi Islam moderat.

5. Pelecehan Syiah terhadap Ummul Mukminin Aisyah, Ra
Pelecehan dan penghinaan terhadap Aisyah, ra menjadi catatan dan peristiwa penting bagi umat Islam dunia pada tahun 2010. Di mana seorang pendakwah Syiah asal Kuwait bernama Yasin Habib yang bermukim di London secara terang-terangan berani melecehkan ummul Mukminin Aisyah, Ra dan sahabat utama Nabi SAW lewat ceramah-ceramah terbukanya.

Aksi Yasin Habib yang menghina Aisyah, Ra menimbulkan reaksi dan kemarahan meluas dikalangan ulama Islam terkemuka, bahkan tokoh Syiah Iran, Ali Khomenei memerintahkan untuk menutup kuburan Abu Lu'lu'ah, pembunuh Umar bin Khattab yang dipuja-puja kalangan Syiah, untuk meredam kemarahan umat Islam.

6. Pernyataan Uskup Koptik Mesir
Sekretaris sinode kudus gereja koptik Mesir, Bishoy telah menimbulkan kehebohan dikalangan umat Islam, setelah pada bulan September lalu dirinya mempertanyakan kredibilitas ayat-ayat Al-Quran yang menyangkal penyaliban nabi Isa.

7. Penganiayaan terhadap umat Kristen di Timur Tengah
Penyanderaan terhadap sebuah gereja krsiten di Irak dan mengakibatkan puluhan warga Kristen tewas di gereja tersebut juga menjadi catatan penting dalam peristiwa keagamaan yang menghebohkan pada tahun 2010 ini.

8. Vatikan dan skandal pelecehan seks terhadap anak-anak
Pada bulan Maret 2010 media mengungkapkan adanya ratusan pelecehan seksual yang dilakukan para pastor katolik terhadap anak-anak yang dilakukan di Irlandia, Jerman dan Belgia. Meski Paus Benedictus telah meminta maaf, namun para keluarga korban menuntut adanya tindakan Paus yang lebih tegas atas kasus yang memalukan Vatikan ini.

9. Perempuan bisa menjadi Imam Kristen
Untuk pertama kalinya dalam sejarah wakil-wakil dari gereja-gereja evangelis Protestan" Timur pada tahun 2010 menyepakati bolehnya "imam" perempuan dalam masyarakat kristen protestan di Timur Tengah termasuk Mesir, yang hal ini bertentangan dengan praktek yang berlaku di gereja-gereja Katolik dan Ortodoks.

10. Paus Benedictus XVI mendukung penggunaan kondom
Selama ini Paus Vatikan menolak seruan untuk penggunaan kondom, namun sekitar dua bulan yang lalu Paus meralat 'fatwa'nya dan membolehkan umat katolik menggunakan kondom untuk mencegah maraknya kasus Aids yang meningkat.
voa-islam.com


Baca Pembahasan Yang Terkait Di Bawah Ini...



0 KOMENTAR:

Post a Comment